Rabu, 09 Juli 2014

Opini Hasil Quick Count Pilpres 2014

Posted by Just Me at Rabu, Juli 09, 2014
Setelah memantau berbagai hasil survei dari beberapa lembaga survei...Gue tergelitik untuk mengomentari hasilnya (krn gue org statistika, meski gue mmng tidak banyak mengaplikasikan ilmu gue di pekerjaan gue sehari2, makanya pendapat gue ini gak akan menyinggung ilmu statistik terlalu dalam)

hasil survei di media terpecah dua.. ada yg memenangkan Prabowo-Hatta (pilihan gue :0) dan Jokowi-JK...
hal ini tentunya membuat kita semua kebingungan..jadi gue berpendapat bahwa hasil survei itu tergantung jumlah sampel yg diambil, cara pengambilan sampel, apakah sampel sudah diambil secara acak? memang semakin besar jumlah sampel yg diambil membuat hasil semakin baik, tapi kita tidak boleh menyampingkan cara pengambilan sampel dan keacakan sampel...untuk kasus ini, sangat riskan karena kalau mengambil sampel banyak, tapi tidak acak dan terkonsentrasi di TPS daerah2 lumbung suara salah satu capres, tentunya akan mempengaruhi hasil...

selain itu, faktor margin error memang mempengaruhi, belum lagi faktor kesalahan input data....masih banyak faktor yg mungkin belum gue jelasin disini..jadi memang baiknya kita sebagai masyarakat SABAR menunggu hasil akhir dari KPU pada tanggal 22 Juli 2014 nanti..

ilmu statistika ini mmng rentan dgn yg namanya manipulasi...dari awal gue kuliah sudah didengung2kan GIGO (garbage in, garbage out)..jadi hati2 ya dlm menerima informasi...gue bersiap2 untuk berbesar hati aja...sambil menunggu hasil hitungan KPU

Tapi gue berharap, untuk pihak yg kalah (tidak terpilih/gagal) bisa berbesar hati..hal ini sangat sulit..gue mengalaminya sendiri, sampai saat ini perasaan kecewa masih mengganjal hati gue...makanya gue berharap pihak yg kalah bisa kuat, melanjutkan jalannya...harapan besarnya supaya Indonesia aman dan damai...

*foto gue&ade gue sehabis memilih (muka demek hasil menangis 2 malam krn gak lulus tes *sensored*)*

pesan khusus (sebagai pendukung Pak Prabowo):
Gue sangat salut dengan Pak Prabowo, beliau mampu bangkit dari keterpurukan bertubi-tubi dan banyak dalam hidupnya... dan menurut gue, beliau itu salah satu putra kebanggaan Indonesia yg pantang menyerah..para pendukung Prabowo tentu tahu perjuangan beliau...jadi, meski nanti beliau kalah, gue berharap beliau tetap bisa berkarya untuk Indonesia..

0 comments on "Opini Hasil Quick Count Pilpres 2014"

Posting Komentar

 

Just Me Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez